Selasa, 09 Juni 2009

Manusia dan Monyet Sama-sama Hobi Meniru

Beda manusia dengan monyet adalah, manusia bisa berpikir sebelum berbuat. Monyet justru terkenal dengan idiom “monkey see, monkey do”, yakni begitu melihat langsung berbuat tanpa pikir panjang. Mereka juga cenderung meniru perilaku temannya. Begitu melihat temannya gelantungan, monyet kebanyakan akan meniru begitu saja.

Kenapa bisa begitu ya? Ilmuwan telah menemukan area otak monyet yang bertanggungjawab pada hal ini. Bagian itu adalah neuron di wilayah lateral intraparietal area (LIP), suatu bagian di otak yang terkait dengan perhatian. Bagian inilah yang membuat monyet akan langsung meniru apa yang dilihatnya, demikian menurut tim ilmuwan di Duke University Medical Center, North Carolina.

Temuan ini membuktikan bahwa ada keterlibatan neuron yang sama saat monyet mengontrol perhatiannya dan menginterprestasikan atensi pohak lain.

Berguna

Hal yang sama bisa berlaku pada manusia sebab otak kita memiliki banyak kesamaan dengan monyet. “Bagian otak yang sama juga bereaksi pada manusia dan monyet sekaligus,” jelas Michael Platt, profesor yang terlibat dalam studi itu. Ilmuwan berpendapat bahwa perilaku ini berguna dalam ikatan social dan kegiatan belajar baik pada manusia maupun monyet. Jika bagian ini mengalami gangguan bisa menyebabkan gangguan sosial seperti autisme.

Hmm … berarti perilaku meniru juga berguna ya bagi manusia. Sebab gerakan refleks meniru diperlukan saat kita memelajari sesuatu, juga melakukan kegiatan sosial lain. Tapi kalau berlebihan mungkin jadinya latah ya? Hehehe.


diambil dari http://netsains.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar